Kamu berubah mz

Sebenernya judulnya ga nyambung sih ama isinya. Jangan salfok sama judulnya yah, gaada mas – mas kok didalamnya #hehe. Biar lucu aja makanya judulnya begitu.
Cerita sedikit, di tahun 2017 usia w 19 tahun dan kalau dikasi umur bakalan 20 tahun di desember nanti. Umur 20 tahun menurutku kayak ‘gila, dewasa amat udah kepala dua’. Dan rasanya aku yang masih merasa piyik pun belum ngerasa pantes jadi berkepala dua. Pikiranku tuh kalo udah kepala dua, udah dewasa, udah tau dirinya sendiri, udah tau di masa depan mau ngapain, tau bagaimana cara menjalani hidup dan sebagainya. Tapi ku juga tim menolak tua sih. Kayaknya denger 20 tuh kayaknya mulai tuwir banget yak.
Tapi satu hal yang ku pelajari adalah jadi orang gabisa gitu – gitu aja. Gabisa stuck dan ga ada perubahan ke arah yang lebih baik dari diri kita. Menurutku saying aja. Allah SWT udah kasih kita waktu 24 jam sama rata tiap orang dan tiap harinya, terus kita Cuma gunain buat stalking ig, tidur lama, nonton drakor, mager – mageran (ini sebenernya ngomongin diri sendiri). Rasanya sayang bangeeet. Sadar sih tapi kadang mager juga buat ngelakuin sesuatu akhirnya muncuk kata – kata tar ajadah besok juga masih ada waktu. Gitu aja terus ampe ga terasa udah ga punya banyak waktu luang.
Yang sering dilupakan sama kita adalah kita kadang lupa bahwa pada akhirnya tempat akhir kita adalah akhirat. Aku sering banget ngerasain gini, keasikan nonton, stalking, jadi suka bikin  kita lengah bahwa waktu yang dikasih sebenernya bakalan ditanya suatu hari nanti. “Jadi kamu udah hidup sekian taun buat apa?” Point nya itu. Nah jadi bikin sedih kan kalo mikir gini.
Ku juga kadang suka mikir, umur udah 19 tahun. 19 tahun loh. Lumayan lama juga udah idup, terus di hidup ini dengan segala kenikmatan yang Allah kasih aku udah ngapain yak? Paling ga buat diri kita sendiri? Nah kadang pikiran – pikiran kayak gini yang bikin aku semangat buat terus perbaikin diri walaupun kadang tersendat di tengah jalan karena banyak godaan L
Kadang suka ga sih ngerasa lupa, bahwa kita itu hamba Allah yang diciptain sama Allah buat beribadah sama Rabb kita, jadi harusnya hidup ini isinya ibadah kan ya? Iya emang :”) harusnya yem, tapi kamu gimana? Aku juga belum. Semoga dari semenjak hari ini kita lebih banyak ngelakuin  ibadah dan ditujukan buat Allah SWT semata bukan buat doi yah. Hehe. Fyi, orang mungkin menganggap ibadah yang berhubungan dengan sholat, ngaji, zikir dan sebagainya. Padahal ga Cuma itu aja, senyum ibadah, ngomongnya ga menyakitkan ibadah hehe, ngingetin orang ibadah, nulis sesuatu buat mengingatkan orang juga ibadah. Jadi intinya niatkanlah perbuatan baik kita dilakukan karena Allah.

Kita sama kok eh beda kali ya. Mungkin lebih banyak kebaikan yang kalian dilakukan dibandingkan aku yang hanya segumpal daging penuh lemak dan dosa. Tulisan diatas bukan berarti aku lebih baik tapi sebagai penyemangat buat teman – teman untuk berubah menjadi lebih baik. Pastinya step by step.

Aku belajar buat ga apa – apa pake hati. Aku termasuk orang yang baper, orang ngomong nada tinggi aja dimasukin hati, orang kata – katanya to the point tersinggung, walaupun aku bukan tipe yang langsung bisa marah sih palingan ngambek – ngambek dikit. Dan puncaknya adalah waktu kuliah, kayaknya satu kelas tau w orangnya baperan, dan dari situ juga aku belajar, aku gabisa mempertahankan sifat burukku ini. Yang ada tiap hari kit ati mulu. Sampe sekarang sih masih, bahkan kadang suka membekas klo orang ada yang membuat hati ini tergores #halah. Tapi step by step, aku berusaha buat ga pake hati. Jadi yaudah, berusaha membiasakan diri buat ga kebawa suasana hati.
Then, aku belajar buat selalu berpikir positif. Kadang pikiran negatif bikin kita jadi banyak prasangka sama orang. Baru tau juga, kalo ternyata prasangka itu ga dibolehkan dalam agama. Ku seriiing banget berprasangka, “kok dia balesnya lama sih, ga menghargai banget” “ni orang baca tapi ga bales. Apa susahnya sih?” “Ni orang gini amat yak” dan lainnya. Jelek banget ternyata ya. Jadi yaudah.. apa apa berusaha dibikin positif dan cari alasan yang mungkin kenapa mereka ngelakuin sesuatu. Karena prasangka Cuma bikin hati kita jadi kusam, *muka w kali ah. Mending bener, kadang suka malu sendiri pas ternyata orang itu ngelakuin karena ada alasan tertentu. Maapin dah yak manteman
Terus ku juga belajar buat ga bisa mempertahankan semua idealism kita. Contohnya nih, aku tipe orang yang pendiem banget kalo sama orang yang ga cocok sama kita. Nah, jadinya kalo kumpul – kumpul apalagi ama saudara cenderung banyakan diemnya. Kalo ditanya, kenapa diem? Aku hanya bisa tersenyum cantiq. Nah, kemarin abis dapet wejangan dari bapake. Kalo banyak orang yang komplain dengan sikap ku yang baru bisa ngomong kalo diduluin, nah kayak gitu ga bisa. Karena kita hidup sosial dan saling membutuhkan. Jadi mulai dari sekarang, aku berusaha buat basa – basi meskipun rada krik banget, coba melemparkan pertanyaan, ngobrol – ngobrol ringan dan berusaha ramah. Terus, ku entah dari kapan ga mudah ngobrol sama lawan jenis. Jatuhnya bukan menjaga diri, justru jatohnya jadi sombong. Dipikir – piker, aku gabisa Cuma bersosialisasi sama cewek, kayaknya perlu juga bergaul dengan cowok asalkan masih bisa menjaga izzah dan ga keluar dari aturan. Sebenernya masih banyak idealisme yang aku pertahankan, tapi kayaknya perlu dirombak lagi. Karena ga semuanya bener.

Lagi – lagi wanita berhijab, bebannya berat juga. Salah dikit yang kena jilbabnya, salah dikit yang kena agamanya. Sering banget denger kata – kata, “pake jilbab tapi…” “percuma pake jilbab kalo …” dari pemikiran – pemikiran ini nih, ku termotivasi bahwa kita harus semakin baik lagi. Karena siapapun kita adalah agen dakwah. Jelek dikit nih akhlak kita, abis udah jilbab yang jadi korban. Padahal, orang pake jilbab juga manusia yang masih perlu belajar.
Tapi sebenernya bagus juga sih, berarti secara mindset mereka udah punya pandangan bahwa kalo orang yang berhijab ya udah pasti baik. Makanya, berusaha banget buat selalu memperbaiki diri, karena ternyata diri kita ini mungkin saja dijadikan panutan oleh orang lain, atau mungkin karena satu hal perilaku kita, orang lain jadi berubah dan mengenal Islam. Who knows?


Maapin yak curhatnya kepanjangan. Semoga kalo ada yang baca ni tulisan bisa mengambil manfaat. Btw, kenapa jadi semangat nulis blog karena terinspirasi dari Gita Savitri Devi ama seorang temen yang bernama Novia Maharani. Halo! Mereka sama – sama suka nulis hal – hal sederhana dan pemikiran mereka tapi dengan cara yang bagus dan menurutku bisa menginspirasi mereka. Buat yang gatau, Gita, bisa googling deh. Banyak banget pemikiran nya yang sama dengan aku.  Sama – sama introvert contohnya, namun semakin kesini semakin berusaha beradaptasi dan ga selalu menujukkan sisi introvert kita. Udahlah segini dulu dah ya

Komentar

Postingan Populer