ASSALAMUALAYKUM AKHI WA UKHTI

Halo yang lagi baca postinganku ini *kali aja ada yang baca #ngenes
Akhirnya setelah hibernasi sekian lama, akhirnya ku bisa balik nulis lagi.
Sebenernya banyak banget yang mau ditulis, cuma mager menuangkannya dalam bentuk tulisan. Jadilah cuma numpuk di otak dan jadi bahan pembicaraan dalam diri sendiri.
Sebelum nulis postingan ini, sempet buka – buka postingan dari yang paling awal sampai yang paling terakhir di tulis. Ternyata dulunya w alay banget yak? Wkwk kayaknya semua orang pernah mengalami fase – fase alay menurut dirinya sendiri. Sampe sekarang pun masih sih -_- entah kapan bakalah berubah jadi lebih dewasa. Walaupun sekarang ga alay – alay amat sih, banyak juga perubahan yang udah ku alami dalam hidup dari tahun ke tahun. Sebenernya postingan di blog ini lumayan banyak, cuma karena ku sedang belajar menjadi lebih baik dan rasanya ga pantes aja buat ditampilin, makanya diputuskan buat diapus. Apa sih yang diapus? Beberapa mix and match baju yang dibikin di POLYVORE. Yap. Ku suka banget desain mix and match baju, cuma yang ku mix and match baju – baju gawl gt deh udah pasti lebih banyak yang terbuka. Jadi kuputuskan buat diapus aja.. padahal bagus – bagus loh L ditambah ada curhatan jaman piyik jadi remaja labil yang kayaknya ga banget buat ditampilin #hehe.
Alhamdulillah banget di libur lebaran yang gabut dan ga kemana – mana ini, punya banyak waktu buat ngelakuin banyak hal yang ku suka dan inshaa Allah bermanfaat. Doain bisa balik nulis, bisa banyak baca buku, banyak ikut kegiatan, dan hal – hal bermanfaat lainnya. Liburan kali ini rasanya bahagia banget, karena UAS udah lewat dan ku melewatinya dengan lancer alias gaada yang ngulang :”). Jadi rasanya worth it banget nih liburan buat santai dikit. Dikit aja kok hehe.
Dari UAS kemarin ku belajar pembuktian bahwa Allah SWT benar – benar sesuai prasangka hambanya. Jadi gini, karena aku ambil diploma 4 Gizi makanya ujian akhirnya pasti banyak praktek. Di semester 4 ini, aku dapet ujian praktik Teknologi Pangan, Diet Dasar, Survey Konsumsi Pangan, dan Pendidikan Konseling Gizi Lanjut. Nah di Teknologi Pangan (TekPang) ini kita disuruh praktek masing – masing ngebuat produk yang sebelumnya udah kita praktekkin di lab dengan catatan tidak membawa catatan apapun dan diacak. Jadi kita ga tahu bakalan dapet apa kita nantinya. So, kurang lebih ada 23 produk yang harus dihafalkan tata cara, bahannya dan jangan sampai gagal, karena kalo gagal ya ngulang. Betapa banget dah ngapalin tu resep yang belibet belum lagi caranya dan aplikasinya kalo – kalo tu produk gagal dibuat -_-. Aku paling ga jago deh pokoknya buat – buat produk kayak gt, intinya aku mah mendingan teori daripada praktek. Tapi namanya idup ya mesti dijalanin. Ya Allah, tuh rasanya lemes banget hari itu aku udah kayak pasrah antara gamau ngulang tapi ya gimana ya.. aku bener – bener tawakkal banget sama Allah SWT sambil doa kalo aku butuh pertolongan dan aku bener – bener pasrah banget dan yakin kalo Allah SWT ga bakal kasih aku ujian yang aku ga bisa lewatin dan aku yakin kalo Allah SWT ga sejahat itu sama hambanya.
Dan masuklah aku ke lab dan dapet undian no 4 dan setelah melihat ke meja no 4 ku dapat roti. Itu rasanya kayak mau cry cry gimana gitu. Sambil menulis laporan, ku rasanya udah ngerasa bakalan gagal *jangan dicontoh. Tapi kayaknya emang Allah tau banget kemampuan hambanya, dari sekian resep yang ada, Cuma roti yang resep nya aku apal banget secara detail dari bahan sampe langkah. Untungnya ada asisten dosen yang baik hati membantu dan dia juga jadi penilainya jadi rasa gampang sih. Dan rasanya tuh kayak setiap step gampang bgt dilewatin sampai akhirnya rotinya jadi walaupun ga sempurna sih hehe. Dan karena udah lewat jam sholat, ku sholat dulu dan doa bener – bener pasrah. Eh pas masuk dikasih pengumuman gaada yang ngulang dan berhasil semua tuh rasanya aku pinter banget gt wkwkwk. Kayaknya ngerasa ‘wih, gokil ternyata gue bisa juga’ sekilas terkesan agak sombong yak, tapi itu salah satu cara menghargai diri ku sendiri yang bisa ngelewatin ujian dengan topic bikin produk yang paling ditakutin sama anak – anak karena risiko gagal nya tinggi. Dengan kelemotan dan ketidaktelatenannya w, tapi Allah kasih tunjuk bahwa gue bisa sebenernya. Dan disitu aku ngerasa kayak, ya Allah, Engkau baik bangettt…
Untuk ujian PKG sih kita disuruh konseling antara nutrisionis sama pasien. Yang ini sih bener – bener rada belibet sih tapi ga terlalu menegangkan dan inshaa Allah lulus. Nah buat ujian Diet yang bikin rasanya mau ngelewatin tu hari aja. Rasanya mau cepet libur gitu, dari awal ngerjain soal pasien, bikin assessment, diagnose ampe monev aja udah ngerasa gagal. Gimana enggak? Jadi ketika di akhir assessment itu, si ahli gizi harus bikin menu makan sehari pasien sesuai penyakitnya. Karena ku lama di awal, jadinya aku ga selesai menghitung menu pasien kayak kalorinya, Karbohidrat, protein dan lainnya dah. Dan yaudah akhirnya dikumpulin dengan masih setengah selesai.
Ku udah hopeleeess banget bakalan gagal, dan ga berhenti berdoa. Pas hari H masak, yaudahlah jalanin aja dengan panik – panic ajaib tapi sok cool gitu dengan menu makanan yang rada ga jelas sih. Dan sampailah pada saat penyajian. Kita disuruh keluar buat dinilai terlebih dahulu, akhirnya sambil nunggu aku sholat dan doa dulu. Disitu rasanya ga siap banget kalo Cuma aku doang gitu yang dapet tulisan ‘ulang’. Dan waktu dipanggil semua masuk, pas diliat di kertas nama menu masakan gaada komen apapun, artinya aku ga ngulang kan? Eh si ibu bilang belum tentu, kemungkinan ada aja yang ngulang tapi dia belum bilang ngulang. Terus beberapa hari setelahnya, dapet info kalo assessment kasus yang kita buat satu kelas ilang -_- itu udah kayak berkah ramadhan gitu kali yak bisa ilang.
Jadi gimana si dosen bisa nilai? Terus aku kayak seneng terharu gitu hahaha. Lagi – lagi kalau kita berdoa dan pasrah dan apa yang kita pikirkan tentang Allah itu positif, yakinlah manteman.. apapun hasilnya Allah SWT lebih tahu diri kita dibanding diri kita sendiri, Allah tau seberapa keras usaha kita, dan  Allah tau apa yang kita butuhkan dan pantas untuk dapet.
Untuk ujian yang terakhir, ini bener – bener berkah RAMADHAN banget dah. Dosen penguji nya ini semester lalu juga jadi dosen penguji ujian ku juga dan ku gagal dengan penuh celotehan dari dosennya. Jadi pas ketemu dia lagi waktu ujian ini, kayak hopeless banget dan takut kalo kena semprot lagi kayak kemarin. Dan unfortunately, aku mendaapat urutan 1 padahal absen akhir *jengjeng. Itu rasanya lemes loh. Jadi kan kita pasangan, akhirnya temenku duluan yang ujian baru tukeran aku. Oiya ujiannya itu kita nge recall pola makan orang dalam 24 jam. Ngeri banget salah dan jadi nge blank. Pokoknya semua aku kerjain dari awal sampe akhir dengan perasaan deg – deg ser dah. Sambil menunggu hasilnya dengan cemas, Dan Alhamdulillah lagi lagi lancar dan gaada yang ngulang.

Jadi panjang amat yak curhatnya mbak -_-. Intinya, ini ngingetin diri sendiri juga sih yang lebih suka bergantung sama oranjg atau malah ngelakuin hal intinya cari aman dah biar ga gagal dalam sesuatu, sedangkan kita mengesampingkan Allah. Karena aku sering banget gini, hati ragu banget kalo kalo aku gagal. Jadi intinya, yuk bersama bangun pemikiran positif mengenai Rabb kita dan yakin apapun doa kita dan hasilnya pasti ada hikmahnya dan Allah ga akan ngasih sesuatu di luar batas kemampuan kita. Tuh contohnya diatas. Jadi gimana, temen – temen punya pengalaman yang sama? 

Komentar

Postingan Populer