MAU DIBAWA KEMANA... HIDUP KITA?

Assalamualaykum !

Yeay bisa nulis lagi sebelum menghadap hari - hari menjenuhkan yang akan diisi dengan belajar persiapan UAS yang tinggal beberapa minggu lagi tapi belum ngapa - ngapain -_- doain yaa kali ini lulus dengan selamat dan aman haha 

Akhir - akhir ini lagi merasa galau dengan status baru bertambahnya usia yang udah kepala 2 
kayak belum terima kalo ditanya, "Berapa umurnya?" " 20 ..." -__- KAYAK WAH TUA BANGET YA. Sama kayak ga terimanya kalo ada orang yang manggil dengan sebutan "Ibu" aku setua apa sih :(


ternyata usia bergitu cepat berlalu. Ga kerasa. Perasaan berasa baru lulus SMA dah kemarin eh bentar lagi udah deket mau PKL Kuliah. Time flies so fast. 
Kayak di postingan sebelumnya, yang masih cerita tentang perubahan di usia 20 tahun, sekarang masih mau cerita tentang kegalauan di usia 20 tahun. 

Di 20 tahun ini, serasa semua orang menuntut kita buat bertindak makin dewasa, buat bertanggung jawab sama hidup kita sendiri. Wajar sih, namanya nambah usia. Ya harus makin dewasa. Tapi buat aku yang masih kekanak - kanakan, yang dewasanya telat, udah mulai nih harus merubah sikap buat lebih dewasa.

Pertama,
pengen ngelurusin tujuan hidup. karena dari tujuan itulah akan berdampak dari gimana kita ngejalanin hidup. #asek
yak, sebenernya tujuan hidup manusia ga lain da ga bukan cuma satu "IBADAH KEPADA ALLAH SWT" ada surat yang nyatain arti tadi, tapi lupa surat apa :') tapi ada satu bacaan yang juga ngandung ini arti yaitu di bacaan iftitah waktu sholat
"INNASHALATI WA NUSUUKI WAMAHYAYA WAMAMATI LILLAHI RABBIL ALAMIIN"

Ya, bacaan yg sering dibaaca tapi sering kita lupakan. Namanya juga kids jaman now, sering banget ngerasa ada banyak hal yang pengen dicapai, ga lain dan ga bukan, cuma nafsu sesaat karena pengen diakui "eksistensinya" sebagai manusia. JADI KAMU SELAMA INI APA?

iya, lupa kalo tujuan hidup kita ibadah. Bukah hanya ngejar dunia yang kenikmatannya semu #halah
Makanya, dari sekarang aku pengen bikin LIFE PLAN biar seimbang. Bikin rencana apa aja yang mau aku lakuin dan tau tujuan  yang mau dicapai apa.
Kayak pengen banget ngamalin ilmu di bangku kuliah yang selama ini banyakk banget didapet tapi banyak juga yang lupa wkwk jadi ilmu gizi ini sangat bermanfaat banget buat kehidupan manusia, makanya pengen gitu bikin sesuatu biar ilmunya ga ngendep, doain ya berhasil, pengen juga expert di bidang ini, doakan agar aku bisa lulus tepat waktu dan bisa lanjut S2 di luar negeri AAMIIN, kenapa di luar? karena seumur hidup belum pernah ke luar negeri wkwk. Jadi pengen ngerasain hidup disana sekalian belajar, karena pasti banyak pengalaman yang didapat, ilmunya pun bakalan mateng bukannya disini ga bagus sih, cuma pengen aja ngerasain sistem pendidikan disana. Makanya, pengen banget ngedalamin kayak bahasa Inggris sama bahasa negara lain kalo memungkinkan haha. Gapapa deh mimpi dulu XD
Terus setelah galau nanti mau lanjut karir dimana, akhirnya ku putuskan dimana aja asalkan aku bisa kerja sesuai passion ku, sesuai apa yang bisa aku mampu lakuin. Pengen banget kerja di tempat yang bisa berhubungan langsung sama masyarakat, lebih nerapin ilmu ke manusia dibandingkan hanya sekedar buat teori, atau duduk di balik meja. Doakan dapet kerjaan yang kayak gitu.
Ada banyak mimpi yang aku punya, mulai dari pengen aktif nulis dan dibaca banyak orang dan bisa ngasih manfaat ke orang lain, jadi ahli gizi yang sukses dan bawa manfaat ke orang lain, S2 di luar, punya usaha yang bisa mempekerjakan orang banyak, bisa bawa orang tua kemanapun yang di mau terutama naik haji duh aamiin banget, bisa punya rumah sendiri, bisa memberdayakan orang lain dan berbagai mimpi lainnya. 

Kedua,
karena usia udah 20 tahun artinya udah harus mulai sadar bahwa kedepan tanggung jawab sama diri aku makin besar.
Tanggung jawab buat sedikit demi sedikit ga ngerepotin orang tua dari segala aspek apalagi finansial, kalo bisa ngasih ya ngasih deh. Makanya, sekarang lagi ngerancang apa yang bisa dilakuin dan bisa menghasilkan pundi - pundi uang haha.
Tanggung jawab sama diri sendiri yang lain adalah buat semakin dewasa dalam bersikap, bijak dalam memutuskan dan bisa membawa sikap.. Nah ini yang paling susah. Dikit - dikit belajar deh dari sekarang.Belajar juga buat mau memahami orang lain ga lagi mentingin diri sendiri.
Tanggung jawab sama orang tua, adik dan orang - orang sekitar.
Yap. Kita manusia punya peranan sama orang sekitar apalagi keluarga. Semoga aku bisa sebarin virus - virus kebaikan apalagi di keluarga dan orang sekitar. Semoga makin banyak orang yang ngelakuin kebaikan dan di share ke orang lain. Who knows kalo dr kebaikan kita ada orang yang berubah menjadi lebih baik? ;D semoga itu bisa jadi motivasi biar kita selalu berbuat baik.

Ketiga,
Merencanakan kehidupan masa depan.
Ya semoga dikasih umur sampai kapanpun gatau, tapi paling enggak sudah ada gambaran kehidupan apa yang mau kita bikin
Yak, di usia 20 tahun ini pastinya pemikiran buat punya pasangan dan ngebangun kehidupan sendiri pasti ada, dulu waktu SMA ngebet banget pengen punya pacar pas udah tau ga boleh tetiba pengen dihalalin wkwkwk. Tapi seiring berjalannya waktu, untungnya Allah swt terus mengarahkan hamba yang sering dikuasai oleh nafsu ini buat terus belajar apalagi dari pengalaman hidup dari orang lain.
Mulai dari ternyata nikah ga semudah dan sesederhana yang dibayangkan,
pengalaman dari mentor, butuh dana yang ga sedikit buat menyelenggarakan sebuah pernikahan. ini subjektif sih artinya sesuai kemampuan individu. tapi tetep aja kan butuh simpanan danan? Ada aspek - aspek lain yang harus kita perhatiin ga cuma maunya kita, makanya paling ga orang yang mau nikah harus siap finansial, setelah nikah adalagi masalahnya, mau tinggal dimana? buat aku yang udah ga punya ibu, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan, gimana papa ku nanti kalo aku udah nikah. hmmm..
belum lagi pertanyaan nanti mau jadi ibu rumah tangga atau karir? atau dua - duanya? dan berbagai konsekuensi lainnya. belum lagi dari masa konsepsi, melahirkan hingga membesarkan yang bukan perkara gampang. Yap semua butuh ilmu dan persiapan lahir batin. Perlu ngelibatin Allah biar dikasih pasangan sesuai yang kita butuh, setara sama kita dan satu tujuan.
Sekarang justru ga terburu - buru atau ga gampang terpengaruh buat buru - buru mengerjakan ibadah ini, wong jodonya belum kelihatan T_T hahahah ga juga sih.. sambil menunggu si mas datang #halah mari kita memantaskan diri yang apa atuh ini mah... sebelum nanti punya anak, punya mertua dan segala seisinya yak marilah kita belajar biar apa yang kita harapkan sesuai dengan yang kita pengen.

Dari ilmu gizi juga aku belajar, ternyata jadi ibu itu mulia banget dan hebat banget para buibuk dengan segala perjuangannya. Kalo masih ada mama sekarang, mungkin tiap hari aku pelu terus sambil minta maaf karena dulu lebih banyak salahnya daripada benernya. Betapa perjuangan mereka melahirkan kita - kita menjadi individu utuh yang bisa ngapa - ngapain adalah sesuatu ya WOW banget buat aku.

Btw, ujian itu dateng kapan aja ya. Godaan paling susah adalah ya lawan jenis. Ketika satu per satu temen mulai punya gandengan, passtilah ada rasa gimana gitu.
"Kok dia udah ya gue belum"
Sampe hampir ingin menghalalkan sesuatu yang dilarang ckck
Doain istiqomah ya sampe ketemu yang halal. Doain biar kuat menahan keinginan untuk memiliki yang belum halal. Doain makin pinter dan makin banyak kemampuan yang dimiliki. Kita harus bisa bangkit dari keterpurukan ini! JENG JENG

Yak, sekian sharing hariini.
Selamat mengejar mimpi masing - masing teman - teman

Jadi mas, kapan ke rumah?

YHA

NGAREP.

LULUS AJA DOELOE

Komentar

Postingan Populer