MEMULAI JADI KEPALA "2"

Assalamualaykum 

Akhirnya setelah sekian lama ga sempet posting, kali ini dengan mengerahkan seluruh tenaga dan mood, mari kita nulis kembali. Sebenernya nulis disini, ga lain dan ga bukan buat menumpahkan segala pikiran dan apa yang jadi unek - unek dalam hati, sekalian sharing tentang hal yang terjadi di kehidupan siapa tau ada yang bisa diambil buat pelajaran :) 


Yap! Sesuai judulnya, tgl 9 kemarin aku resmi masuk kategori dewasa muda B-) wkwk jadi udah resmi berumur 20 tahun. agak aneh sih nyebutnya, kayak "wah udah 20 tahun aja yak umur" padahal ni bocah kelakukannya masih childish banget. banyak banget sih hal yang mau ku share di umur ku yang mulai semakin menua ini 

Pertama, 
umur 20 tahun semacam jadi peringatan buat aku kalo di usia yang sekarang, bukan lagi saatnya main - main. lebih banya waktu kebuang ga berguna buat ngelakuin hal - hal yang kurang bermanfaat. di umur ini, aku semakin sadar buat nyusun "Life Plan" kedepannya ya semacam penyemangat dan pengarah kehidupan ini mau dibawa kemana. 
Karena hidup kita nantinya akan diminta pertanggungjawabannya kan? 

Kedua, 
semakin sadar bahwa jatah hidup di dunia ini makin berkurang. Semakin sadar bahwa kita gatau kapan Allah swt bakalan ngambil kita :"(. semoga kita sedang ga lalai waktu Allah SWT ambil nyawa kita. 
Hampir sebulan lalu aku sempet sakit, sebenernya sih bisa dibilang ringan. cuma kepala yang cenat dan cenut, pusing, badan gemeteran dan lemes terus serasa mau diare. jadi memutuskan untuk bener - bener istirahat di kasur. Mungkin itu kayak kesempatan yang dikasih Allah biar bisa rebahan bentar diantara tugas - tugas yang muncul secara tidak manusiawi -_- 
terus di tengah - tengah istirahat tadi, tiba - tiba kepikiran satu hal.. 
Gimana ya kalo tiba - tiba dari sakit ini aku dicabut nyawanya, kepikiran juga gimana ya caranya aku dicabut nyawanya nanti. terus seketika kepikiran amal ibadah yang "apaan yak yang udah dilakuin di dunia ini" 
renungan yang buat aku sedikit sadar dan terus jadi pengingat bahwa hidup kita ga lain bakalan ngarah kesana. ya, ujung - ujungnya bakalan wafat dan ngehadapin kehidupan baru yang lebih abadi dan sebenar - benarnya. Kalo nulis kayak gini, jadi kebayang.. abadi itu berarti gaada akhirnya. artinya apa yang kita lakuin di dunia ini bakalan dibales disana. ngeri memang. ini salah satu pengingat buat aku biar ga terlena sama dunia yang sungguh menipu ini #halah 

Ketiga, 
Usia 20 tahun menyadarkan aku tentang "Kamu udah ngapain aja 20 tahun hidup?" 
Nah loh kalo ditanya kayak gitu pasti aku kicep dah ga bisa jawab 
berapa belas tahun aku hidup rasanya cuma seadanya aja, ya ngalir gitu aja tanpa tujuan 
Untungnya Allah ngirimin orang - orang baik yang nyentuh hati ku dan bisa ngajak aku ke kebaikan. Entahlah kalo dulu hidayah ga nyampe, mungkin sekarang ga bakal nulis gini. 
Baru beberapa tahun ini, aku baru sadar tentang kenapa sih kita hidup, terus ngapain harusnya hidup, gimana sih hidup yang dipengenin Allah, apa tugas manusia dsb. 
Walaupun ditengah - tengah jalan sering tergelincir, untungnya Allah SWT lagi - lagi kirimin orang - orang baik yang ngingetin kalo ni bocah dah keluar jalur. 
Dan juga ngingetin bahwa ada banyak tugas menanti buat dikerjakan. Paling enggak kita udah usaha selebihnya ya tinggal lihat hasilnya. 


Ada banyak hal yang terjadi seiring waktu berjalan sampe aku di usia 20 tahun. ink
Semakin sadar, bahwa pada dasarnya berharap kepada manusia itu percuma, ngikutin maunya mereka juga melelahkan, gaada satupun manusia yang sempurna. Beberapa kali dikecewain sama orang, yang awalnya nunjukkin kebaikan dan tau apa yang kubutuhin, tapi tiba2 ada aja yang berubah dari itu orang. Akhirnya terbentuklah kesimpulan buat ga terlalu berharap sama orang itu, buat ga terlalu selalu memenuhin ekspektasi apa yang orang minta, buat berani bertindak sesuai yang kita rasa bener. 

Semakin dewasa, makin banyak sifat manusia yang kelihatan. Dari yang buruk sampe yang baik. Kita ga bisa nyalahin sih, itu hak mereka. mungkin itu yang mereka anggap bener. Tapi ada satu kata - kata yang aku inget pernah dibilang sama mentor ngaji ku

"Biarin aja orang lain kayak gitu (berbuat sekehendak mereka) tapi jangan sampe kita kayak gitu" 
"Kita boleh memberikan keringanan dan toleransi buat  kondisi orang lain, tapi buat diri kita sendiri jangan" 

artinya, biarin aja kalo ada orang bertindak semau mereka, apalagi yang buruk, syukur kalo kita bisa nasihatin. Tapi kalo ga bisa, yaudah jangan sampe kita kayak gitu. Kita harus jadi beda, ambil pelajaran dr kesalahan org itu dan jangan ikutin. Buat contoh baik yang siapa tau orang itu contoh. 

terus arti yang kedua, kalo ada orang yang mengeluhkan kondisinya dan segala macam hal lain yang butuh kebijaksanaan kita, yaudah kita coba pahamin kondisi orang itu. Tapi buat diri kita sendiri, kita ga boleh gitu. Cukup buat orang lain. 
Misal, ada orang yang ga bisa hadir ke suatu acara karena suatu hal padahal mungkin masih bisa dikondisikan, kalo memang solusi terakhir ngizinin dia buat ga hadir, yaudah gapapa. Tapi, kalo kondisi itu berbalik ke diri kita, diusahakan kita ga ngelakuin hal yang sama. Jadilah contoh bahwa sebenernya ada cara yang lebih baik buat nyelesain itu tanpa melepas tanggung jawab :) 

Ngomong emang gampang hehe aku juga lagi belajar untuk menyesuaikan apa yang aku ucapkan sama yang aku lakuin. Semangat manteman, belajar itu seumur hidup. 

Allah SWT lagi - lagi ngasih sesuatu sesuai kondisi hamba-Nya. 
Dari kecil, udah terbiasa buat ga mau bikin masalah. Kalo bisa ni idup tenang - tenang ae dah. 
Tapi seiring tambahnya waktu, apalagi mulai masuk kuliah, mulailah "terpaksa" buat menjalani berbagai konflik kehidupan #halah
Konflik yang nguras air mata, pegel ati, stress dan lainnya. 
Tapi, ada salah satu surah di Alquran yang ku lupa ayat sama surat apa :") yang intinya Allah swt ga akan nguji suatu kaum di luar kemampuannya. Sama surat Al Insyirah yang isinya Setelah kesulitan ada kemudahan.

Terlepas dari berbagai masalah yang kita anggap berat, yakinlah kalo setelahnya ada kebahagiaan menunggu, akan ada peningkatan kualitas diri kita yang semakin dewasa ngadepin masalah, semakin bijaksana dalam mengambil keputusan dan bertindak dan semakin kuat apapun yang tejadi di hidup ini ga lepas dari takdir Allah yang pastinya baik buat kita.

Sama seperti manusia lainnya, aku pernah ngerasain stress berat sampe - sampe udah gatau lagi mau ngapain. Serasa gaada manusia lain yang bisa memahamin dan ngebantu. Terus gimana? Ya minta sama Allah buat dikasih jalan yang terbaik, doa terus sampe dikabul sambil cai cara buat nyelesain. Mungkin gampang nulisnya, tapi ngelakuinnya susah, tapi worth it. Cuma itu menurutku satu - satunya cara buat ngehadapin masalah yang kita punya. sebesar apapun itu.

Btw, semakib bertambahnya usia, makin banyaknya tanggungan yang kita punya, pertanyaan dan pernyataan   yang mulai diajukan oleh orang - orang tanpa ada rasa perikemanusiaan -_- kayak :
"Gimana? Kapan lulus?"
"Nanti mau kerja dimana? Biasanya kedepannya jadi apa sih jurusanmu itu?"
"Jangan belajar mulu. Kali - kali main keluar juga perlu"
"Pake lah lipstik tipis sama bedak biar ga kumuh"
"Udah makin dewasa, harus luwes, banyak ngomong"


dan yang terakhir...
"udah punya pacar belum?"

YHA 
Pertanyaan yang mulai diajukan saat manusia - manusia sudah masuk 20 tahun

Terahir, semakin dewasa ngerasain semakin berkurang keidealisan kita. Iya ga sih?
dulu waktu SMA, ketika dapet materi buat  ga boleh ini, harus gitu, plek  banget harus diikutin bahkan bisa dibilang ekstrim banget
Tapi sekarang, udah mulai bisa sedikit gampangan
"yaudahlah gapapap dikit ini"
"yaudahlah kali - kali" ampe sering diomelin gara - gara ngomong ini
"ini mah ga kenapa - napa dilakuin asalkan ..."

 dan segala alasan dibelakangnya

YAH, jadi gitu lah cerita usia 20 tahun ku
doain makin kuat menghadapi dunia ini dengan segala tipudaya nya
doain makin istiqomah dan bisa menebar kebermanfaatan
doain semoga jadi orang sukses yang bisa memberi pengaruh paling ga buat skitar
doain juga biar ga ditanyain "kapan dapet pacar" wkwkwk lelah aq

Komentar

Postingan Populer