BELAJAR TENTANG HIDUP

Assalamualaykum 

Halo,

Yak akhirnya ada kesempatan buat nulis lagi, lebih tepatnya sharing kali ya. 
Beberapa hari dalam beberapa minggu ini, aku ikut beberapa kegiatan dan banyak pelajaran yang bisa diambil. Ga cuma itu, aku juga belajar dari berbagai kejadian yang terjadi di sehari - hari. 

1. Ikut Pelatihan Nutri TEEN 

Alhamdulillah, aku terpilih jadi salah satu peserta yang nantinya bakalan jadi fasilitator di kegiatan NutriTEEN di SMA - SMA. Tugasnya, semacam jadi mentor yang mandu anak - anak SMA itu untuk paham mengenai jobdesk mereka, tugas mereka harus ngapain dsb. 
Nah, di pelatihan itu aku ketemu sama dua narasumber yang pastinya lulusan dari UI dan expert di bidangnya. 
Oiya, aku blm pernah ke UI dan setelah tanya - tanya ama kakak panitianya disuruh turun di Stasiun Pondok Cina. Dan baru turun dari kereta aja pas ngelihat UI sebegitu gedenya, terperangah sendiri -_- #norak. Tapi beneran sih terpukau bgt. Dan tempatnya ada di gedung RIK yang gedungnya lumayan besar dan bagus banget, untungnya ketemua kakak panitia yang lagi jalan bawa konsum dan akhirnya sekalian ngintil mereka. Layaknya orang norak yang baru pertama kali dateng ke suatu tempat, kerjaan ku cuma celingukan kanan kiri ngelihat betapa luasnya tu gedung, arsitekturnya juga bagus #cieelah belum lagi dalam bangunannya tuh designnya rapi banget dan kelihatan bgt modern dan baru. menurutku, mereka cukup nyaman, bagus dan profesional lah. 

Yak balik lagi ke acara pelatihan, jadi sebenernya itu pelatihan tentang bagaimana kita sebagai fasilitator jadi mentor yang baik. ya intinya tentang komunikasi lah. salah satu narasumber yang baru pertama kali dateng aja bikin q amazed adalah kak Seala Septiani. Hm.. emang dasarnya performance itu menentukan yak, salah banget kalo orang ga nilai dari penampilan. Ya, si kakak ini ramah banget dan cantik juga. Bahkan karena tau q dari poltek, eh dia nanya - nanya. Pokoknya orangnya friendly banget dah. Untuk seukuran narasumber menurut ku, dia orangnya ramah banget dan ga ngerasa kayak 'yaudah w narasumber jadi w jaim' apalagi sama anak UI, dia berusaha kenal sama junior juniornya.

Dan yang kedua, ketemu sama kak Amita. dari dia ku belajar, gimana anak Gizi ga harus kerja dibidang kesehatan melulu misalkan di pelayanan kesehatan, industri pangan atau sejenisnya, nah si kak Mita ini kerja di perusahaan apa gt kayaknya yang berbau komunikasi tapi lebih ke campaign kesehatan. Selain belajar gizi, dia juga paham bgt tentang cara main medsos dan bikin isi medsos kita rapi dan terlihat lebih aesthetic. #cielah. 

Sampailah pada cerita, setelah ku sampe rumah. akhirnya ku putuskan untuk memfolow mereka berdua. and you know what.... ane di folback manteman. itu kayak WOW banget. okelah mereka tadi sempet kenal ama aku, tapi seorang mereka, yang kayaknya hebat bgt gitu, mau ngefollow ig bocah yang followersnya dibawah 200 -_-.dari situ ku belajar, bahwa semakin hebat orang, maka semakin hebat juga cara dia memperlakukan orang lain, gimana menghormati dan menghargai orang lain dan juga ga lupa untuk terus menerbarkan kebaikan dan manfaat bukan hanya karena dibayar.
Btw, ketemu sama temen - temen fasilitator lain, menurutku mereka cukup ramah dan baik, bahkan karena mereka semua semior ku. Yak kayaknya aku paling muda. Karena emang syaratnya sebenernya minimal semester 5 tapi yang penting udah dapet materi Diet. Jadilah aku yang baru semester 4 bisa ikut. Ya, mereka cukup mudah buat ngebaur, bahkan rasanya mereka udah kayak keluarga karena saling sapa, ngobrol tanpa rasa canggung atau rasa kaku sama sekali. Mereka juga kritis - kritis banget, aku yang biasanya santai dan cenderung lemot, akhirnya ikut termotivasi buat lebih kritis dan aktif. 

Jadi intinya, lingkungan ternyata berpengaruh guys. Ketika ada di lingkungan yang positif, mau ga mau itu akan nular ke kita dan kita pun bakalan ngikutin. Dan, baiknya semakin kita bertambah ilmunya, semakin banyak orang kenal kita, seharusnya semakin baik akhlak kita buat memperlakukan orang lain. Yah sama sih masih belajar juga :D 


2. Training for Trainer by PIJAR 

Yak, jadi ada yang namanya PIJAR (Pelajar Islam Jatinegara). Mereka buat kegiatan yang namanya Training for Trainer, tujuannya adalah memberikan training pastinya buat para calon maupun yang udah jadi mentor yag nantinya bakalan ngisi Mentoring. Nah, acaranya terbagi jadi dua sesi dan di hari yang berbeda pula. Menurutku, pas hari 1 isinya terlalu baku dan aku ga cukup interest. Sedangkan pas hari kedua, ketika aku sedikit males buat dtg, ternyata narasumbernya cukup bagus bahkan bagus banget. 
Namanya kak Yanuar Rizki Pahlevi. Alumni UGM. Kampus yang kudambakan dari dulu #curhat. 
Yak, beliau bisa bikin seorang bocah yang biasanya fokusnya gampang ke distract dan ngantukan ini semangat buat dengerin pengalaman beliau. 
Salah satu semangat yang menurutku perlu dicontoh adalah, beliau memegang jabatan penting di kampus. Mulai dari jadi Presiden Mahasiswa sampe kalo gasalah jadi Ketua BEM. Dan membuat q tersadar, "Jadi yem, kamu hampir mau 3 tahun loh di Poltek. terus udah ngapain aja?" *ngomong ama kaca. Dan menurutku, beliau bukan karena haus akan jabatan melainkan menurutku ketika beliau bisa menduduki jabatan tersebut, beliau bisa ngasih contoh ke orang lain dan juga bisa bikin program - program besar yang tentunya bermanfaat. 

Sebenerya banyak yang beliau omongin selama ngasih materi, cuma beberapa aja kali ya yang penting dan masih diinget. 
Yap. Doi cukup aktif buat ngementoringin orang lain. Jadi di UGM emang ada mentoring wajib tapi setelah itu, dia diminta buat mentoringin temen - temen seangkatannya. akhirnya dia bikin target siapa yang mau dia dakwahin. Dia pun menurutku asik banget caranya, dia ga maksa atau langsung ngeluarin dalil - dalil, tapi dia deketin dulu targetnya, liat kepribadiannya dan gimana orangnya dan ajak ngobrol si target ini. dia juga ikut main dan kumpul sama target tapi dengan persyaratan tertentu jadi ttp syar'i lah, dia juga bikin tugas buat target dan pendekatannya keren banget. Pesan dari beliau adalah buat ga berhenti menebar kebaikan ke orang lain, meskipun harus berkali - kali. Karena kejadian, targetnya yang juga temennya ga mau ikutan kegiatannya dia tapi karena hidayah yang Allah kasih, si orang tersebut akhirnya taubat dannnn bahkan langsung berubah bener - bener. 


Dari dia q belajar, bahwa mengingatkan orangn buat ibadah ga cukup 1 - 2x, berkali kali pokoknya jangan lelah, tinggal nanti urusan Allah aja buat ngasih hidayah ke mereka. Semoga kita istiqomah ya gengs. 

Dia yang kalo ngomong apa aja nyambung, bahas atheis bisa, bahas ttg fenomena bumi, angkasa dll sebagainya nyambung, membuat ku terpengarah. selama ini udah 19 tahun hidup udah belajar apa aja ya? akhirnya sadar betapa banyak waktu terbuang karena ga pernah ngasah dan ngisi otak dengan berbagai pengetahuan. sedangkan beliau? ga cuma agama aja dipahamin, tapi lebih dari itu, berbagai aspek ilmu pengetahuan paham dan gimana cara menyampaikannya santai tapi kena. 

beliau ngasih berbagai aspek pandangan hukum agama tanpa pernah menjudge mana yang benar mana yang salah ya beberapa sih ga semua dan semuanya dibawakan santai dan langsung kena. Kayak salah satu anak yang nanya, ya intinya gimana kalo ada orang yang PACARAN

Ya, problema hidup anak jaman sekarang. rasanya PACARAN udah jadi kebutuhan hidup dan ya, ku pun tak bisa menolak bahwa di masa - masa remaja seperti kita pastilah kita ngerasin cinta atau gampangnya ketertarikan sama lawan jenis. Rasanya semua orang udah tau bahwa pacaran itu ga diperbolehkan, terus gimana kalo masih ada yang bersikeras? 
Nah si kak Yanuar itu jawab, bahwa sesuatu yang udah kita rasakan terlebih dahulu itu nikmatnya bakalan berkurang deh. Ya tadi misalkan, pas pacaran udah pegangan tangan, mungkin udah melakukan sesuatu yang mengarah kesana, ya pas nikah.. udah biasa aja, gaada greget - gregetnya. Jadi ga spesial lah. 
Terus membahas mungkin ada yang lama pacaran dan berharap bakalan nikah, kak Yanuar juga bilang bahwa banyak yang ga berakhir di pelaminan. karena gaada yang jamin juga bahwa pacaran lama kita bakalan jadi jodoh dia atau sebaliknya. 
Pasti kalian pernah ngerasain juga, ketika ngerasa ada satu orang yang rasanya udah klik banget dah istilahnya udah sesuai banget. pengennya berjodoh ama doi. Sampe kita berdoa dan mungkin maksa minta dijodohin ama doi. Ya, hukumnya sih gapapa gengs. Tapi siapa tau Allah udah nyiapin seseorang yang lebih baik dari yang kita pengen. Who knows?

setiap orang punya pemikirannya masing - masing, jadi ya yaudah tugas kita hanya menyampaikan, seterusnya, itu jadi pilihan mereka. tapi aku belajar, ternyata Allah SWT adalah sutradara terbaik yang ngalahin sutradara manapun yang jago bikina lur cerita di film atau kayak di drama korea. Penulis dram Goblin juga kalah dah. 

Yang kita butuh cuma yakin aja gengs, sama ketetapan-Nya. Yakinlah setiap keputusan-Nya justru akan membuat hidup kita semakin indah dan mengarahkan kita ke sesuatu yang kita gapernah duga. Tugas kita hanya terus belajar, muhasabah diri, terus perbaiki dan perbaiki karena-Nya. 


Siapa coba yang nyangka bakalan pake jilbab padahal ga pernah ada niatan sekecil apapun buat pake jilbab tertarik juga enggak? tapi ternyata Allah sayang sama aku dan aku disadarkan buat pake. 
Siapa juga yang tertarik berkecimpung di ROHIS, ngomong depan anak anak sekolah padahal intovert kan maen. Yak, itulah aku. Meskipun kemampuan buat ngomong depan anak - anak ini masih 0 banget dan masih banyak PR, tapi ternyata Allah punya banyak rencana dibalik ini semua. 
Ketika diarahkan pilih sekolah di 54, bisa ketemu orang - orang hebat, temen - temen yang baik dan ada beberapa yang selalu support sama aku, ketemu kakak kakak yang sangat inspiring. 


Sedih ketika Mama dipanggil, tapi ternyata dibalik itu semua Allah ngasih pelajaran buat Yemima yang tadinya manja luar biasa, gabisa ngapa - ngapain, bisanya belajar doang tiap hari, ngomong pun gabisa sama orang, akhirnya sedikit demi sedikit belajar buat jadi strong. 

So, temen - temen. Percaya sama Allah, yakin aja deh ketika kita udah ngikutin perintahnya, pasti Allah akan kasih balasan ke kita yang lebih baik lagi. 
Dah gitu aja yak. semoga ada hikmahnya. 

Komentar

Postingan Populer