P.E.O.P.L.E

Assalamualaykum ! 

Semoga yang lagi baca ini dalam keadaan baik ya :) 


Akhirnya punya semangat buat nulis lagi, entah bakalan dibaca atau enggak. Tapi rasanya lewat Blog ini tempat yang pas untuk mencurahkan segala unek - unek ku yang kadang suka kepikiran terus di otak tapi ga pernah tersampaikan ke orang. Susahnya orang introvert -- yang ga mudah berbagi sama orang lain -- akhirnya dituangkan lewat tulisan aja. Karena, buat ku lebih nyaman untuk nulis daripada bicara. 

Biar bacanya enak #semogaadayangbaca kayaknya lebih enak kalo bahasannya lebih spesifik dan fokus. Jadi hari ini bakalan bahas tentang segala sesuatu mengenai MANUSIA. Sebenernya kenapa nulis ini, karena sering banget ada di pikiran tapi susah buat dingkapin ke orang lain dan.. ada satu orang yang menurutkuk punya pemikiran yang sejalan sama aku yaitu Gita Savitri Devi. bisa di cek di blog nya gitasav.com . Dan dari tulisannya dia, selain ngerasa sejalan aku juga banyak dapet inspirasi dan pelajaran. Jadilah, akhirnya pengen nulis lagi sekalian curhat wkwkwk


Gatau kenapa, semenjak masuk kuliah dan sampe sekarang, aku ngerasa banyak penurunan dan perubahan yang bukan ke arah yang lebih baik bahkan cenderung negatif. Kalo dulunya aku cukup percaya diri sama diri sendiri, rasanya mampu buat bersosialisasi secara umum, punya cukup kemampuan buat mengatur kerja kelompok, bicara depan umum, kritis dsb.. sekarang aku ngerasa jauh banget dari itu semua. akhir - akhir ini makin ngerasa makin lemah dan ngerasa banyak kemunduran dari diri ku. dan ternyata setelah sering merenung alias bengong melihat ke luar jendela dan termenung #halah aku baru sadar kayaknya ini efek dari dapet tekanan dan sering dengerin kata orang. 

Aku cenderung sensitif, makanya semua kata - kata itu terserap banget dan bahkan membekas. mulai dari kata yang positif sampai negatif. 
Masih inget banget ketika mulai kuliah, dengan kepadetan aktivitas yang menurutku luar biasa banget.. secara dari yang tadinya anak SMA biasa santai dan deadline masih bisa diatur, sekarang apa - apanya disiplin, ditambah semuanya dituntut untuk cepat tanggap padahal aku tipe orang yang agak lamban :( jadilah banyak kendala waktu awal kuliah. termasuk ketika ngerjain tugas makalah dan tipenya kelompok. pernah dapet temen yang cukup disiplin dan semangat, dan dengan aku yang ga bisa begadang dan waktu belajar yang sangat terbatas.. jadilah tu tugas dikerjain dalam waktu berhari - hari, dan kalo ga salah akhirnya dia negesin buat ngambil alih kerjaan itu dan bilang intinya ini tugas kalo aku yang kerjain bakalan lama karena aku ga biasa begadang. dan gatau kenapa kalo di kelas tuh bawaannya ngantuk mulu -_-. dan masih banyak kelemahan aku yang akhirnya membuat mereka membuat 'sikap' yang berbeda dari yang lain. 

sampe sekarang pun, aku paliiiiing banget khawatir pas mulai semester baru dan pembagian kelompok. lebih tepatnya males melihat ekspresi beberapa orang yang serasa kalo sekelompok ama aku itu musibah karena bakalan banyak usaha sendiri. 

terus kenapa Yem intinya? toh udah lewat juga?
Yak, yang ingin aku share adalah... 
terkadang orang hanya bisa menjudge orang lain tanpa pernah mau tau alasan dibalik itu semua. Kita sebagai manusia biasa mudah mencap seseorang seperti 'pembohong, omdo, baper, dll' membuat image dari orang tersebut yang akhirnya membuat orang lain berpikiran sama. Padahal, kita ga pernah mau tanya kesulitan mereka, apa yang terjadi sama mereka, dan lagi - lagi kalo cerita masalah kita mungkin akan dijawab 'dia juga gitu kok. kenapa lo ga bisa?'
Pastinya tiap orang beda, kita ga bisa nyamain orang satu dengan yang lainnya, berharap mereka bisa menyamai kita atau kita bisa menyamai mereka. Menurutku, lebih enak kalo kita ngebangun hubungan antara dia dan kita, coba masuk ke dalam kehidupannya dan mencoba melihat kenapa dia ngelakuin itu, dan apa yang bisa kita bantu. Entahlah mungkin manusia jaman sekarang sudah berubah.. 

Dan setuju banget sama Gita. 
Terkadang orang lebih fokus pada appearance nya aja daripada isinya. Dengan mudahnya kita langsung nge judge dan memberi penilaian bahkan mungkin perlakuannya berbeda. 
Ini aku alamin sendiri waktu SMA, ketika ada temenku yang kurang mampu padahal cukup cerdas, namun karena penampilannya yang biasa, akhirnya sering mendapat perlakuan yang agak diremehkan. Sering ga sih ngerasa, ada beberapa orang yang memperlakukan orang yang tampilannya baik, keliatan ekonomi nya baik bakalan beda perlakuannya sama orang yang biasa, ga punya power apa - apa? 

Semoga kita sama - sama belajar untuk melihat semua orang sama dan baru mengambil sikap ketika kita udah kenal sama mereka. Misalkan, orang tersebut bawaannya negatif mulu, nah baru tuh jangan kita jauhin tapi lebih mengurangi ketemu atau lebih baik lagi kita ngebantu mereka untuk memperbaiki diri kita. Tapi bukan berarti penampilan ga penting, tetep penting tapi jangan sampe jadi dasar utama kita menilai orang - orang :)

Sadar ga sadar, kita sering banget ngomong. Iyalah namanya juga manusia sosial pasti interaksi sama manusia itu perlu banget. Tapi kadang... kita sering ga sadar kalo omongan kita bakalan membekas di hati seseorang, bahkan walaupun kita udah minta maaf berkali - kali bakalan tetep ngebekas. Aku juga sering secara ga sadar ngomong ssuatu yang menurutku biasa tapi buat orang lain enggak banget. Makanya dari sekarang aku lebih banyak diam, dan bicara kalo memang lebih utama bicara dan tentunya utamain kebaikan. Kita ga pernah tahu, mungkin dari ucapan kita yang ga seberapa menurut kita, justru ngerubah kehidupan seseorang 180 derajat, misalkan orangnya jadi minder, ga percaya diri sendiri, putus asa atau ga punya harapan dan lainnya. 

So, Guys.... 
Yuk, bangun kebiasaan positif dari diri kita.... 
Lebih banyaklah mendengar daripada menghakimi dan menyalahkan orang tersebut.. 
Banyaklah memahami dan menimbang - nimbang sekiranya ucapan kita pantas atau tidak diucapkan...
Karena kita ga pernah tahu, apakah ucapan kita bakalah ngubah orang tersebut ke arah yang lebih baik atau bahkan sebaliknya... 

Seiring berjalannya waktu #asek
Aku belajar tentang kekuatan kata - kata, sama yang pernah aku bilang di postingan sebelumnya
Dari bapakku yang pernah ngomong bangga sama aku, mungkin sekarang udah ga inget atau bahkan ngomongnya ga sadar -_- tapi justru kata - kata itu yang jadi pemacu dan motivasi aku sebagai anak. sama ketika aku dikatain sensitif atau istilahnya nax gawl sekarang mah BAPER. Perlahan justru ngebuat aku buat ga banyak berinteraksi sama orang dengan mudah, pilih - pilih dalam ngomong dan bersikap bahkan berteman dan ga gampang percaya diri. 
Emang ga semua orang kayak aku, banyak juga orang dengan haters banyak kayak selebgram dan artis jaman sekarang, bahkan ga pernah masukin ke hati omongan mereka. Dan ku salut banget, mereka lebih ngutamain untuk ngebangun diri mereka dibanding ngedengerin si haters.

Akhirnya dari sekarang aku berusaha untuk ga terlalu ambil pusing dari apa yang orang lain bicarain tentang aku. Sekiranya bisa diambil yang positif yaudah aku ambil dan yang negatif dilupain. 
Kadang kita lupa, bahwa kita hidup buat Allah SWT, a yang udah baik ngasih kehidupan dan berbagai kenikmatan didalamnya. Terlalu sibuk bagaimana caranya hidup untuk menyenangkan manusia dan mendapatkan pengakuan. Tapi sekarang aku belajar untuk berbuat sesuatu karena Allah dan bukan ngeharap ucapan terimakasih, pujian atau apapun dari orang. Nyatanya, kalo kita berbuat sesuatu untuk mendapatka pengakuan dan menyenangkan semua orang, yang ada rasanya cuma kecewa. Intinya teruslah berbuat kebaikan, meskipun gaada yang tahu, gaada yang nilai, muji dan ngebales perbuatan kita. 


tetiba aku stuck gatau mau ngomong apa. 

tapi yakinlah segala sesuatu yang terjadi sama hidup kita, gamungkin tanpa izin-Nya. 
Mungkin orang - orang yang menurut kita mempersulit hidup kita, justru dijadikan kesempatan kita untuk terus bersabar, istiqomah berbuat baik walaupun orang ga nerima dan kita ga dapet apa - apa, bahkan mendewasakan diri kita. Intinya mah bersyukur manteman. Senyumin aja dah intinya. Terus sebarkan kebaikan, terbarkan senyum. Berusahalah menempatkan diri kita di posisi orang lain. 

Kalo kata kakak mentor yang kece banget dah 
"Biarin aja orang lain kayak gitu (berbuat buruk ; ga mau bantu sesama) tapi kalo kita jangan.. kita harus berbuat baik" lebih kurangnya gitu. 

Cape ga bacanya? kwkwkwkwk
Sekian sharing hariini. mohon maaf kalo ada salah kata, semoga ni tulisan ada faedahnya 

Komentar

Postingan Populer