BERSYUKUR

Assalamualaykum temen - temen...

Sebenernya ini curi - curi waktu disela - sela kesibukan q sbg mahasiswa tingkat akhir yang kepadatan hidupnya tidak usah dipertanyakan (?) #soksibuk #padahalbiasaaja. 

Mau berbagi unek - unek aja daripada gatau mau disalurin kemana. Maklum, orang introvert biasanya emang lebih banyak mikir, nganalisis, tenggelam sama dunianya sendiri, asik ngobrol sama diri sendiri jadi ya gitu. Akhirnya unek - unek ini baiknya disampaikan lewat sini aja. 

Ngomong - ngomong introvert, sebenernya ada banyak hal yang pengen ku share tentang ini. Jadi ku adalah orang dengan kepribadian yang didominasi oleh intro dibandingkan ekstro. Wow. Awalnya tahu aku intro dari hasil Psikotes di kantor emak dulu pas ikut ngantor, daripada bosen nah jadilah tes. Ternyata dapat Introvert tapi lupa jenisnya apa. Pas ngebaca itu rasanya kayak ga terima, aku ngerasa introvert itu sesuatu kesalahan dan kelemahan yang emang harus dilawan, waktu SMP juga gitu, karena dulu sekolah disekolah yang cukup gaul getoh anak - anaknya dan mereka semua hampir supel, pertemanan luas, pokoknya kehidupan remaja pada umumnya lah, jadilah ku terdoktrin bahwa aku harus supel gimanapun caranya. Akhirnya lebih sering memaksakan diri untuk sok - sok an SKSD, nyapa ke semua orang, berusaha kenal anak - anak gaul biar dianggep wkwk dsb. Tapi ya namanya udah kepribadian, ternyata ga mudah juga... 

Di SMA pun sama, dulu cita - cita pas masuk SMA mau jadi anak hits, gaul, temen banyak, dan berharap punya pacar wkwkwk. SMA gituu. Ampe masuk salah satu ekskur biar dibilang "gaul" dan pengen eksis wkwk niat yang salah. Dan ternyata semua tidak sesuai yang diharapkan, lagi - lagi semua ga tercapai. Bahkan bisa dibilang masuk ke golongan ansos. gatau kenapa jaman sekolah semua orang diharuskan untuk supel, pinter ngomong, gaul dsb, yang gabisa ngikutin itu bakal dianggap ansos. Baru nyadar sekarang, bukannya ga semua orang sama? Bisa langsung berteman dengan siapa aja tanpa ada rasa canggung, jebe - jebe obrolan, nongkrong dsb. Ada juga sebagian makhluk seperti q yang lebih nyaman sama lingkaran kecil pertemanan, yang ga bisa langsung akrab sama semua orang.

Ya segitu deh gambaran dulu aku di sekolah. Berusaha banget buat fit into the society. Gimana kehidupan anak SMA yang dulu haus dengan pengakuan, supaya dapet pengakuan kalo kita gaul, hits, mengikuti jaman, dsb. Dulu ampe niat banget gimana caranya abis pulang sekolah nongki - nongki dulu makan atau jalan biar ikut gaulnya orang - orang, punya segala jenis medsos dan jumlah followers adalah hal yang sangat jadi patokan (followers banyak artinya gaul, keren, dsb), berusaha biar orang "ngeh" sama kita, dsb. Dulu tuh jaman SMA punya motto hidup gini "puas - puasin masa SMA, cuma sekali seumur hidup"

Yah... Tapi tenang, pergaulan q masih batas wajar. 

Tapi SMA itu emang momen dalam hidup yang paling berkesan karena banyak drama didalamnya. Drama korea aja kalah. wk

Sebenernya ini semua balik lagi kalo Allah tuh selalu ngasih yang terbaik dan selalu ada hikmah dibaliknya. 

Dulu jaman SMP, milih SMA aja bingung. Mau SMA yang depan SMP tapi masuk pake tes, udah gitu isinya anak SMP situ juga, mager ketemu dia lagi wkwk. Akhirnya pengen di 77 tapi gaboleh jadilah di 54. Padahal banyak juga yang ngeremehin karena 54 kurang bagus gitu deh katanya...

untung waktu itu bertahan
Kalau enggak, mungkin Yemima belum menutup auratnya. Karena salah satu yang menggerakan buat berjilbab adalah orang - orang baik di 54 ini. Mulai dari guru KWN yang sering jadi tempat curhat dan diskusi, guru agama Islam yang waktu masih muda usianya terus malu ama doi wkwkwk gara - gara dia ngaji depan kelas tapi akunya ga pake jilbab :(, salah satu mantan anak rohis yang juga temen sekelas yang udah aku anggep sahabat deket ku tapi entah dia nganggep aku apa wkwk yang udah berbaik hati melakukan dakwah fardiyah kepada temannya yang rada menel ini pada jamannya...

Kalau enggak, mungkin Yemima yang sekarang entah jadi apa hidupnya karena ga pernah kenal mentoring. Jujur awalnya emang membosankan dan kayak terpaksa jalaninnya, sering banget bikin alasan izin padahal cuma mager. Tapi ada banyak hal yang ngebentuk Yemima yang dulu jadi Yemima yang sekarang, baik dari sisi pemikiran, akhlak (ya dikit - dikit), hati, fisik, muamalah, dsb. Jujur bersyukur banget udah kenal sama mentoring. Salah satu tempat untuk share masalah ke mentor yang luar biasa baiknyaah dan mantep dah pokoknya mereka :"). Dari yang awalnya jumlah anggota banyak banget sampe sekarang yang dari 54 cuma aku sendirian. Kalo kata Kirana, "But it's ok, I Like myself" #lahgayambung. Tapi ya namanya juga idup, gabisa juga maksain harus bareng sama anak 54 terus. Pastinya di mentoring ini dramanya juga banyak tapi justru itu yang menguatkan dan mendewasakan kita #halah

Kalau enggak, mungkin Yemima yang sekarang gapunya tujuan hidup yang bener. Karena dulu tujuan hidupnya mau nyenengin Mama dan Papa aja. Jadilah pas Mama gaada langsung down. Lagi - lagi mentoring mengajarkan ku arti hidup yang sesungguhnya walaupun sekarang juga masih mencari sih gimana caranya hidup bahagia. definisi bahagia maish belum terdefinisikan. Dari sana, ada banyak orang yang ngasih pengaruh besar ke pola pikir ku termasuk sahabat setia dari jaman kelas XI yang juga sering kasih pandangan tentang hidup. sahabat ku ini mengajarkan buat terus ngutamain Allah, mau apa- apa coba ngelibatin Allah, kakak mentor ku juga ngajarin buat ga terlalu ambis sama dunia yang fana ini dan ujung - ujungnya sakit, capek, putus asa, hilang semangat, jadi yaudah sewajarnya aja. Kalo kata mentor ku ini mah 

kejar deh akhirat, inshaa Allah dunia bakalan ngikutin kalian. Tapi kalo kalian ngejar dunia, akhirat belum tentu dapet.
 Hm, menarique.
 Doain ku bisa terus berjalan dalam jalan lurus

Kalau enggak juga, mungkin Yemima yang sekarang mungkin terjebak dalam cinta yang salah #halah. Yak dulu terobsesi pengen gitu ya ngerasain punya gandengan pas SMA kayak remaja pada umumnya lah. Untungnya tidak pernah kesampean. Allah tuh baik banget dan aku baru sadar pas akhir - akhir sekolah kalau gasalah. Orang - orang itu tanpa harus berusaha dibuka, Allah kayak ngasih lihat kenapa aku ga dikasih jalan buat sama orang - orang ini. Dan ku bersyukur banget. Walau dramanya melebihi drama korea tapi cukup membuat hari - hariku berwarna jaman SMA hahaha. Seengaknya ada kenangannya gitu. Ini juga yang merubah pandanganku buat tidak berpacaran terlepas dari perintah agama. Ada banyak logika yang bisa diambil kenapa sebaiknya tidak. But, it's up to you at the end..

Kalau enggak juga, Yemima yang sekarang ga ketemu sama orang - orang baik yang udah baik banget dari jaman SMA sampe sekarang pun masih. Dari sahabat jaman kelas XI, sahabat ngumpul jaman SMA yang menerima ku apa adanya, temen- temen 54 lainnya yang udah ngasih banyak pandangan, ngasih  pengalaman berharga buat manusia satu ini.


Yah gitu deh...
Intinya bersyukur. Ini masih susah sih. Tapi yakinlah Allah pasti punya maksud yang baik buatmu. Sama kayak pengalamanku masuk SMA dan pengalaman ketika gaada Mama lagi. 

 Dulu bisa dibilang ketika ada Mama, aku orangnya manja banget. sering disindir halus tapi sering ga peka, kalau dipikir ulang anaknya childish banget, orientasi pemikiran juga sempit. Tapi semenjak Mama gaada, hidup kayak dipaksa berubah, mau ga mau harus dewasa. Nyesel? Iya sih tapi yaudah lah ya sudah kehendak takdir. Ada banyak pelajaran yang bisa didapet, itung - itung bekal kalo udh punya keluarga sendiri #asik #lulusajadulu #sidangminggudepan


Ada banyak momen yang bisa kita ciptain untuk bersyukur bahkan dengan kita lihat sekitar yang sering kali kita lewatin gitu aja. 
Mulai dari pemulung yang lewat depan rumah, keluarga yang tinggal di gerobak, orang yang harus jualan mana barang dagangannya masih banyak, orang yang harus panas - panasan di jalan demi bekerja, anak kecil yang dagang keliling, mba - mba yang mungkin seumur kita tapi udah gendong bayi, dsb. 

Kalau katanya bunop mah "Selalu ada celah untuk bersyukur". Kepoin deh ig @nobidut nya atau tumblrnya, bagus - bagus tulisannya. 


Kadang kita yang hidupnya masih dalam batas aman - aman aja sering aja ngeluh. Tugas numpuk ga kelar - kelar, temen yang kelakuannya nyebelin, doi yang kelakukannya aneh dan sering ga sinkron ama kita #lahcurhat, kondisi rumah yang kerjaannya diomelin mulu dsb, yang pada akhirnya membuat kita lelah dalam menjalani hidup. 

It's okay. Ga apa - apa. Semua orang pasti merasa seperti itu. 
Tapi sekali lagi coba lihatlah sekeliling kita. 
Ada banyak oran yang hidup dengan ketidakpastian tapi masih tersenyum, bahagia, bahkan mungkin berbagi. 
Kalau lagi sedih, jangan dipendem sendiri. Minimal cerita sama Allah, karena cuma Dia sebaik - baiknya tempat yang menampung semua keluh kesahmu, orang lain belum tentu mau dan mampu




 



 

Komentar

Postingan Populer